Sabtu, 18 Juni 2016

Apa itu Mekanikal Elektrikal (M&E)

Apa itu  Mekanikal Elektrikal (M&E)


Mekanikal
Mekanikal adalah sebuah prinsip ilmu yang mencakup tentang hal-hal mekanis. Yang intinya memerlukan prinsip mekanis dalam penerapannya. 
Elektrikal
Elektrikal adalah sebuah prinsip ilmu yang mencakup tentang hal-hal yang memerlukan tenaga listrik dalam penerapannya. 
Pengertian Mekanikal dan Elektrikal dalam bangunan.
Mekanikal dan Elektrikal dalam bangunan adalah sistem-sistem pendukung bangunan yang memerlukan sebuah sistem mekanis dan sistem yang memerlukan tenaga listrik. Sistem - sistem pendukung tersebut diaplikasikan dalam bangunan untuk tujuan menunjang kegiatan yang dilakukan dalam bangunan, termasuk dalam hal kenyamanan dan keamanan bagi setiap aktivitas dan pelakunya di dalam bangunan tersebut. Sebagai contoh kecil adalah aktivitas istirahat, dalam istirahat pastinya kita membutuhkan ruangan yang nyaman, dan aman untuk mendapatkan istirahat yang bermutu. Untuk membuat ruangan tersebut aman dan nyaman, diperlukan  penerapan ilmu mekanikal eletrikal yaitu  sistem pengkondisian tata udara, pergantian udara, sistem tata cahaya dan juga sistem keamanan seperti fire fighting & dan alram.


SISTEM MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL (M&E)
Bangunan suatu gedung terdiri dari 3 komponen penting, yaitu struktur, arsitektur dan ME (Mekanikal & Elektrikal). Ketiganya satu sama lain saling terkait. Jika struktur mengedepankan kekuatan, arsitek lebih mengedepankan keindahan, maka ME (mekanikal & Elektrikal) lebih mengedepankan pada fungsi. Sekuat apapun bangunan dan seindah apapun bangunan, jika tidak ditunjang dengan sistem ME (mekanikal & elektrikal) maka bangunan tersebut tidak ada fungsinya.
Jadi sangat jelas antara ketiga komponen dalam suatu gedung yang saling terkait satu sama lain. Dengan demikian sistem mekanikal dan Elektrikal termasuk salah satu komponen yang sangat penting. Jadi intinya, suatu bangunan yang telah dirancang oleh para arsitek akhirnya harus dipakai, dihuni dan dinikmati. Untuk itu suatu gedung haus dilengkapi dengan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan gedung itu sendiri, seperti perkantoran, rumah sakit, bank, bandara dan lain-lain.

A. Sistem Mekanikal & Elektrikal (M&E) yang Umum Digunakan pada Suatu Gedung
Sistem mekanikal dan elektrikal (ME) suatu bangunan / gedung sangat tergantung maksud suatu gedung itu dibangun. ME suatu gedung perkantoran  mempunyai perbedaan dengan gedung rumah sakit, atau bandara, pembangkit listrik atau pabik. Tetapi secara prinsip mempunyai berbagai persamaan.

Pada umumnya sistem ME yang sering digunakan dalam suatu gedung, diantaranya:
  1. Sistem Plumbing
  2. Sistem Pemadam Kebakaran (Fire Fighting)
  3. Sistem transfortasi vertikal (lift)
  4. Sistem Elektrikal
  5. Sistem Penangkal petir
  6. Sistem Fire Alarm (Fire Protection)
  7. Sistem telepon
  8. Sistem tata suara (sound system)
  9. Sistem data
  10. Sistem CCTV
  11. Sistem MATV
  12. BAS (Building Automatic sistem), sistem ini digunakan untuk mengontrol suatu sistem tersebut diatas), terutama menyalakan dan mematikan ac (AHU & fan) atau panel listrik secara automatic. Tetapi sistem ini kadang masih jarang digunakan pada kebanyakan gedung, sehingga yang utama yang digunakan dalam sustu gedung adalah ke-11 sistem tersebut.
B. Sistem Mekanikal & Elektrikal (ME)  khusus suatu Gedung
Maksud dan fungsi utama dari suatu gedung menjadi landasan dasar dalam menentukan kekhusususan sistem ME dalam suatu bangunan/ gedung. Gedung rumah sakit misalnya akan mempunyai sistem yang khusus yang digunakan di gedung tersebut yang tidak digunakan di gedung lain. Demikian juga bandara atau mall / plaza. 
Salah satu kekhususan sistem yang ada di rumah sakit diantaranya adalah sistem instalasi gas (oksigen) dan compressor,  disamping sistem ipal-nya juga harus mempunyai sistem pennngan  khusus. Di bandara diantara sistem ME yang khusus yaitu sistem FIDS (Flight information display sistem), sistem belalai gajah (garbarata) dan yang tak kalah petingnya adalah sistem sekuriti. Sedang yang ada di mall atau plaza sistem yang khususnya misalnya sisstem instalasi gas untuk food coat.

Disamping itu dalam menentukan suatu sistempun sangat tergantung pada maksud dan fungsi gedung itu sendiri. Mislanya untuk sistem AC, sistemnya akan berbeda, Jika hanya untuk perkantoran biasanya digunakan sistem AC split. Sedang untuk bandara atau mall atau perkantoran dalam skala besar biasanya digunakan sistem AC terpusat.
(dari berbagai sumber) 

SHARE THIS

5 komentar :

  1. Sifat Dasar Usaha: MELAYANI PENERBITAN BANK GARANSI & ASURANSI (TANPA AGUNAN)

    Penjelasan Ringkas!!
    Surety Bond & Bank Garansi adalah suatu bentuk penjaminan dimana Surety ( perusahaan asuransi) atau Bank menjamin Principal ( kontraktor/ vendor/ supplier) akan melaksanakan kewajiban atas suatu prestasi/ kepentingan kepada Obligee sesuai kontrak/ perjanjian antara Principal dan Obligee.

    Jaminan Penawaran ( Bid Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal yang telah dinyatakan sebagai pemenang tender tidak bersedia menanda tangani kontrak atau tidak dapat menyerahkan jaminan pelaksanaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh Obligee. Nilai jaminan berkisar antara 1 % sd. 3 % dari harga penawaran

    Jaminan Pelaksanaan ( Perfomance Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal yang telah menandatangani kontrak pelaksanaan kerja, mengundurkan diri atau memutuskan kontrak secara sepihak atau bersama-sama dari kedua belah pihak yaitu antara Obligee dengan principal. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek.

    Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak dapat mengembalikan atau memperhitungkan uang muka yang telah diterima pada awal kontrak kepada Obligee sampai dengan proyek selesai.Nilai jaminan berkisar antara 10 % sd. 20 % dari Nilai Proyek.

    Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak melaksanakan kewajibannya memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai ketentuan dalam kontrak. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek.

    Periode Jaminan ( Insurance Periode) : Jangka waktu Surety Bond sesuai dengan jangka waktu perjanjian / kontrak yang dibuat antara Penerima Jaminan ( Obligee) dengan Terjamin ( Prinsipal)
    SP2D atau surat perintah pencairan dana adalah surat yang dipergunakan untuk mencairkan dana lewat bank yang ditunjuk setelah Surat Perintah Membayar (SPM) diterima oleh kuasa BUD.

    SP2D adalah spesifik, artinya satu SP2D hanya dibuat untuk satu SPM saja.

    Saya kenal dengan perusahaan ini dan ingin memberikan kemudahan.

    Kami Ada Solusinya. !!
    Kenalkan ke teman Anda.

    Ingin Menghubungi Perusahaan Ini.
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi saya langsung di nomor/email yang telah tercantum : Kami melayani anda 24 jam,sekian & terimakasih atas waktu dan perhatiannya.
    PT JASA MULYA ABADI
    Jl. Mustika 1,No.29,sumurbatu,kemayoran, Jakarta Pusat
    Telp. (021) 4260 719 Fax. (021) 4252048 HP : 081295823316

    Email : ikhwanyuzar@gmail.com

    Web : http://jasamullyaabadi.blogspot.co.id/

    https://ikhwanyuzar.blogspot.co.id/



    BalasHapus
  2. saya dari PT ITU AIRCONCO. bagi siapa saja yang membutuhkan kebutuhan AC Central seperti AHU , FCU, RHDX, CHILLER , COIL DLL silahkan hubungi saya di kontak ini.
    085221912867

    BalasHapus
  3. “Benjamin Briel Lee was very professional at all times, keeping me aware of everything that was happening, If I had any questions he was always available to answer. This was my first home purchase, I didn’t know much about the loan process, he made it very easy to understand the things I had questions about. I really enjoyed working with him.”  
    He's a loan officer working with a group of investor's who are willing to fund any project or loan you any amount with a very low interest.Contact Benjamin Briel Lee E-Mail: lfdsloans@outlook.com  Whats-App Number: +1-989-394-3740.

    BalasHapus
  4. Kepada Yth,To : PERUSAHAAN BUMN        & SWASTA NASIONAL.        Di Tempat. Up/attn       : Pimpinan Perusahaan, HRD & Finance Manager , Accounting
    Perihal        : Surat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir    : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond TANPA COLLATERALDengan Hormat,Salam hangat dari  PT. UTAMA SURETYSARANA SELARAS (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. UTAMA SURETYSARANA SELARAS Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI ,BANK MANDIRI, BRI , BCA , BUKOPIN, BTN, SINARMAS , dan Asuransi Penerbit ASURANSI INTRA ASIA, BOSOWA ASURANSI, JAMKRINDO SYARIAH, JASINDO, ASKRINDO, BRINS (BRI ASURANSI), Dsb. Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.Jenis Jaminan BANK GARANSI & ASURANSI Sebagai Berikut :
    JAMINAN PENAWARAN JAMINAN PELAKSANAANJAMINAN UANG MUKAJAMINAN PEMELIHARAANJAMINAN PEMBAYARANSP2D (SURAT PERINTAH PENCAIRAN DANA AKHIR TAHUN)Serta LIST ASURANSI UMUM LAINNYA
    Line Of Insurance :
    Custom Bond Asuransi CargoConstruction All Risk (CAR)Property All Risk (PAR)Comprensive General Liability (CGL)Erection All Risk (EAR)Workman Compensation Liability (WCL)Auto Mobile Liability (AL)Marine Hull (MH)   Demikian saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.           Best Regards,PT. UTAMA SURETYSARANA SELARASMEFRI HALOMOAN PARDEDE S.Pd
    Office         : Jl. Dewi Sartika NO. 32 C RT.004 RW.06 Kelurahan Cawang Kramat Jati Jakarta Timur 13630
    HP/Wa       : 0813-8870-7615Telepon      : 021-2204-7449
    Email          : mefrihalomoanpardede@gmail.com

    BalasHapus
  5. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus